Dedek dan Ibnu Ikuti Kongres HIMNAS PKn di Medan

Dua mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Universitas Ahmad Dahlan, Dedek Helida Pitra (angkatan 2011) dan Ibnu Rohani (angkatan 2012) mengikuti Kongres Himpunan Nasional (HIMNAS) PKN V di Medan Sumatra Utara. Kongres yang dilangsungkan di Universitas Negeri Medan mengambil tema “Rekontekstualisasi Mahasiswa PKN dalam Mewujudkan Indonesia yang Lebih Bermartabat”.

Dedek dan Ibnu mewakili mahasiswa PPKn UAD pada Kongres HIMNAS PKn Se-Indonesia di Medan

Kongres yang berlangsung dari tanggal 5-10 Mei 2014 ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa PKn dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Secara nasional, HIMNAS PKN terdiri atas 67 perguruan tinggi LPTK, negeri maupun swasta. Perguruan tinggi yang mengikuti Kongres di Medan adalah Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Riau, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Lampung, Universitas Tadulako, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Lambung Mangkurat, IKIP PGRI Pontianak, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Universitas PGRI Semarang, Universitas Pancasakti Tegal, Universitas Banten Jaya, Universitas Islam Nusantara Bandung, dan tuan rumah Universitas Negeri Medan.

Wakil UAD berfoto bersama peserta Kongres HIMNAS PPKn Se-Indonesia di Medan

Secara umum Kongres ini ditujukan untuk menggali berbagai input gagasan dan pemikiran yang diharapkan dapat memberi kontribusi konkret bagi upaya peningkatan peran generasi muda dalam dunia pendidikan dan sebagai penguatan karakter bangsa yang lebih bermartabat. Secara khusus, Kongres Himnas ini diselenggarakan untuk  mempererat hubungan silaturahmi antar angggota HIMNAS PKn se-Indonesia; mengembangkan budaya berfikir kritis dan kreatif di kalangan generasi muda; meningkatkan pengetahuan, nilai, sikap dan keterampilan serta prestasi mahasiswa se-Indonesia dalam bidang PKn dan Tata Negara; membina rasa solidaritas dan kerjasama antar generasi muda; dan memperluas wawasan pengetahuan, keterampilan dan penanaman nilai-nilai apresiasi seni, yang kesemuanya dimaksudkan untuk membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan  pada generasi muda serta meningkatkan rasa nasionalisme sebagai penerus negeri.

Kegiatan yang berlangsung selama lima hari itu diisi dengan kegiatan Seminar dengan tema “Indonesia Bebas Korupsi; Optimalisasi Upaya Perlindungan dan Penegakan Hukum yang Berkeadilan”; Debat Mahasiwa PKn Nasional; Kongres Mahasiwa PKn untuk menyonsong kepengurusan HIMNAS PKn Se-Indonesia; Temu Silaturahmi seluruh Perwakilan Mahasiswa PKn se-Indonesia; dan ditutup dengan kegiatan field trip ke kawasan wisata Danau Toba.

Dedek dan Ibnu menyatakan bahwa banyak sekali pengalaman, wawasan dan pengetahun yang mereka peroleh. “Melalui kegiatan Himnas ini kami dapat bertukar informasi dan pengetahuan tentang PKn dengan saudara kami, mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia” tutur Dedek. Bagi Ibnu yang baru terpilih sebagai ketua HMPS PPKn FKIP UAD untuk periode 2014-2015, ini adalah pengalaman tingkat nasional pertama yang dia ikuti sebagai pengurus baru HMPS. Bahkan kegiatan ini makin membekas dalam dirinya, karena “inilah pertama kali saya naik pesawat” ujar Ibnu sambil tertawa. (dba)

This entry was posted in Akademik and tagged , , . Bookmark the permalink.